loading...

Tips Membedakan Laptop Asli Dengan Rakitan

KW Superlaptop


Pada zaman sekarang ini banyak laptop abal abal tapi didaulat sebagai laptop asli kluaran pabrik alias rakitan pabrik.Mulai dari yang terkecil sampai yang paling parah adalah “SEGEL” sampai dipalsukan.laptop yang nge tren dengan nama laptop rekondisi ini pastilah mempunyai perbedaan dengan laptop asli rakitan pabrik.Perbedaanya meliputi kualitas,keawetan,dan kekuatan laptop itu sendiri.Walaupun begitu,laptop rekondisi ini tetap diminati masyarakat karena harganya yang memang murah dipasar laptop.biasanya selisih harga sampai 500-1jt.

CARA MEMBEDAKAN :
  • Lihatlah brosur resmi dari brand perusahaan laptop yang anda beli,apabila tidak ada dalam list barang dalam brosur maka patut dipertanyakan ke aslianya. Biasanya produk resmi ada stiker resmi dari masing-masing merek laptop.
  • Jangan tertipu oleh SEGEL,karena sekarang banyak segel palsu
  •  Tanyakan kartu garansinya ke penjualnya, Cek kartu garansi, apakah dikeluarkan oleh distributor resmi atau tidak jika garansi resmi, maka nomor telepon service center pasti tercantum disana, caling saja bila perlu. Kadang ada beberapa produsen saat ini yang juga menyediakan registrasi serial number, maka segera registrasikan bila memang produsen menyediakan fasilitas tersebut. Biasanya garansi yang diberikan oleh sebuah brand perusahaan laptop adalah 2 tahun,jadi apabila kurang dari itu maka sudah dipastikan laptop tersebut adalah rekondisi
  • Pada saat membeli laptop,menurut saya ajaklah saudara anda yang mengerti tentang seluk beluk tentang laptop agar anda tidak tertipu
  •  Jangan terkecoh dengan harga yang murah

Catatan:
Produk Pararel Impor /PI tidak ada garansi nasional. Tapi kadang ada toko yang berani menjual dengan garansi 1 tahun. Maksudnya jika nanti ada masalah kerusakan, dll, toko akan membantu mengirim barang ke cervice center / vendor (garansi internasional). Atau ada barang yang memang digaransi oleh distributor (garansi toko).
Sedangkan barang Rakitan  tentu tidak ada garansinya. Kadang ada toko yang mencoba menawarkan garansi toko 1 tahun, artinya toko berjanji melayani sendiri dengan klaim garansi. Yang jelas tidak tidak ada garansi RESMI sama sekali baik nasional maupun internasional.
Jika anda masih yakin dengan harga yang murah, tentu boleh-boleh saja. Artinya garansi tidak menjadi pertimbangan, dengan kata lain kalo nanti ada masalah seputar klaim garansi ya .. harus rela menerima, beruntung jika barang yang dibeli tahan lama.
Komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya. Tapi kalau mau aman gunakan Open Source Operating System atau kita mengenalnya dengan Linux .
Previous
Next Post »