loading...

Tutorial BackUp dan Restore Rom Lewat CWM

Cara BackUp dan Restore ROM lewat CWM

 
 
 
 Backup
  1. Pertama sobat harus siapkan CWM dan menginstallnya di Android anda. Untuk yang belum tau caranya    bisa Searching di Google.
  2. Pastikan baterai Android anda terisi penuh atau sekurang-kurangnya 50%
  3. Persiapkan SD Card sobat, usahakan masih memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan backup. Ukuran ROM tidaklah sama, tapi ketika saya melakukan backup Stock ROM ukurannya 0,9GB (HP saya Samsung Galaxy Mini 2) Jadi usahakan SD Card anda bisa menyimpan ukuran File backup, jika sudah saya sarankan dipindahkan dulu ke PC/Laptop sobat.
  4. Masuk ke CWM, Caranya berbeda-beda Setiap Ponsel. Ada yang bisa langsung masuk ke CWM karena bisa memakai CWM permanen, ada yang harus masuk ke recovery bawaan dulu kemudian flash CWM baru bisa masuk, karena CWM tidak bersifat permanen. Caranya bisa lihat di Google yaa..
  5. Kalau sudah bisa masuk ke CWM pilih backup and restore kemudian pilih backup dan tunggu hingga prosesnya selesai
  6. Jika sudah, reboot Android anda dengan memilih reboot system now dan lihat pada SD Card apakah sudah ada file backup tadi, biasanya di SDCard/clockworkmod/backup/ atau bisa juga di External SD (biasanya folder dinamai dengan tanggal melakukan backup). Dan Jangan Pernah sobat Pindahkan folder atau file tersebut, biarkan saja pada tempat aslinya. Saran saya salin ke komputer biar aman.
Restore
  1. Restore sangatlah mudah, masuk ke CWM lagi, setelah itu pilih Backup and Restore, pilih Restore, dan restore yang ada di folder dengan nama tanggal backup tadi. Tinggal pilih pilih saja gak usah cari kemana-mana.
Previous
Next Post »
loading...