loading...

Password Super Kuat ala Microsoft



Password menjadi gerbang security terpopuler saat ini untuk hampir semua jenis akun. Untuk itu keamanan akun seringkali tergantung juga dari tingkat kekuatan password. Lalu seperti apakah password yang kuat itu? Microsoft punya sedikit tips bagaimana cara membuat password yang super kuat :


1. Panjang
Selalu buat password yang panjangnya minimal 8 karakter.
2. Kompleks
Selalu gunakan kombinasi huruf besar/kecil, tanda baca, simbol, dan angka setidaknya tiga kombinasi. Semakin kompleks akan semakin kuat.
3. Perbarui
Ubah password kamu setidaknya tiap 3 bulan sekali. Buatlah reminder untuk mengubah password email, e-banking, paypal, dan akun penting lainnya agar tidak lupa dalam memperbarui password.
4. Variasi
Jangan gunakan satu password untuk semua akun. Hacker bisa mencuri password dari website yang security nya lemah dan menggunakan password tersebut untuk login di berbagai akun keuangan sang korban. Untuk itu gunakan password yang berbeda untuk setiap akun, khususnya di akun penting seperti email, e-banking, dsb.
5. Uji
Uji password yang kamu gunakan dengan password checker tool dari Microsoft. Pastikan password kamu memiliki tingkat strenght Strong atau Best.
6. Hindari Kesalahan Umum
a. Hindari berbagai kesalahan umum yang sering terjadi dalam pembuatan password seperti:
b. Menggunakan kata yang ada di kamus
c. Menggunakan kata yang dibalik, singkatan, atau misspelling umum
d. Menggunakan konversi huruf ke simbol yang sudah umum, seperti “dan” menjadi “&”, dsb.
e. Menggunakan karakter yang berurutan atau berulang, seperti 12345678, 222222, abcdefg, f. atau berurutan di keyboard (qwerty, asdfgh, dsb)
g. Menggunakan data personal yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, nomor rumah, alamat rumah, dsb.

Itulah 6 tips membuat password yang super kuat ala Microsoft.

Sumber : winpoin.com



Previous
Next Post »